Tuesday, March 24, 2015

Teori Pertukaran Sosial (George Homans, 1961, Social Behavior : Its Form Elementary)

Homans merupakan tokoh psikologi sosial. Teori pertukaran sosial yang dibangun oleh Homans ini tidak terlepas pemikirannya dari B.F Skinner seorang tokoh Behavioris Psikologis, ia sangat tertarik dengan proposisi yang coba di bangun oleh Skinner. Di mana Skinner menggambarkan bentuk interaksi dengan mencontohkan burung merpati. Dan Homans juga menghubungkan ini dengan sebuah fakta sosial yang pernah ia dapatkan pada saat melakukan studi tentang sosiologi kelompok kecil

Di dalam buku Homans ia ingin melihat pola pemicu tindakan terjadinya interaksi (pertukaran) antaraktor hingga menghasilkan sebuah imbalan (dorongan), seperti apa sejarah Imbalan, dan kenapa manusia bekerja. karena Homans, menganggap "Orang terus melakukan hal-hal yang mereka anggap memberikan imbalan di masa lalu, begitu pun sebaliknya orang akan meninggalkan kebiasaan-kebiasaannya ketika hal itu dianggap tidak menghasilkan apa-apa buat dirinya"

Teori pertukaran sosial menjelaskan keberadaan  dan  ketahanan kelompok sosial, termasuk keluarga melaiui  bantuan selfinterest dari  individu anggotanya. Fokus sentral  teori adalah  motivasi  (hal  yang mendorong seseorang  untuk  melakukan  sesuatu  kegiatan),  yang berasal  dari keinginan diri sendiri.  Teori  ini  didasari paham  utilitarianisme  (individu)  dalam menentukan  pilihan  secara  rasional  menimbang antara  imbalan  (rewards) , yang  akan diperoleh,  dan  biaya  (cost)  yang harus  dikeluarkan.  Para  sosiolog penganut  teori  ini berpendapat  bahwa  seseorang  akan berinteraksi dengan pihak  lain  jika  dianggapnya rnenghasilkan  keuntungan  (selisih  antara imbalan  yang  diterima dengan  biaya  yang dikeluarkan)

No comments:

Post a Comment